Agar Mudik Menjadi Menyenangkan, Simak 5 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Berikut Ini
ilustrasi mabuk perjalanan

Agar Mudik Menjadi Menyenangkan, Simak 5 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Berikut Ini

Grosir Blazer

Mudik saat lebaran menjadi sesuatu yang paling menyenangkan. Sebab, mudik merupakan tradisi dari tahun ke tahun yang kerap dilalui para perantau. Pulang dan bertemu sanak saudara di kampung halaman memang menjadi momen yang begitu mengesankan.

Bahkan beberapa orang tak peduli jika harus menempuh kemacetan luar biasa saat di jalan. Namun, macet dan berlama-lama di dalam kendaraan terkadang bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Rasa mual, pusing, kembung dan gangguan kesehatan lainnya pun kerap dirasakan para pemudik yang merasakan mabuk perjalanan.

Jika kamu salah satu orang yang sering mengalami hal ini, kamu tidak perlu khawatir. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini tips mencegah mabuk perjalanan saat mudik.

1. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi

Sebelum dan selama perjalanan, kamu dianjurkan untuk berhati-hati mengonsumsi makanan dan minuman. Hindari minuman beralkohol atau pun minuman bersoda dan makanan yang bisa membuat perutmu penuh. Selain itu, makanan berat, banyak bumbu dan berlemak juga akan memicu mabuk perjalanan lho. Untuk mencegah mual, kamu juga disarankan untuk menghindari makanan yang berbau menyengat.

2. Pemilihan tempat duduk

Pemilihan tempat duduk juga berpengaruh terhadap mabuknya seseorang dalam perjalanan. Pilihlah tempat duduk yang tepat yang memungkinkanmu sedikit merasakan guncangan. Jika kamu mudik dengan pesawat pilihlah bagian tengah dekat sayap. Jangan duduk di kursi belakang bagi kamu yang mudik menggunakan mobil. Jika kamu naik kapal laut, pilih kabin bawah dekat bagian utama kapal.

3. Hindari membaca buku maupun memainkan ponsel secara berkala

membaca buku atau memainkan ponsel saat perjalanan bisa memicu mabuk perjalanan. Hal itu karena penglihatan yang bergerak saat membaca buku atau membuaka ponsel di kendaraan bisa menyebabkan kepala menjadi pusing.

4. Buka sedikit jendela

Untuk mencegah mabuk perjalanan, bisa kamu lakukan dengan membuka sedikit kaca jendela bagi kamu yang mudk menggunakan mobil pribadi.

Dengan begitu, udara segar masuk sehingga kamu terbebas dari mabuk perjalanan.

5. Minum obat anti mabuk perjalanan

Kamu bisa minum obat anti mabuk perjalanan yang banyak tersedia di apotek terdekat. Jika diperlukan, kamu juga bisa minta resep dokter mengenai hal ini.

Itulah 5 tips mencegah mabuk perjalanan saat mudik.

Semoga bermanfaat dan selamat menempuh perjalanan menuju kampung halaman!

sumber : TribunJualBeli.com/Intan Hafrida

Berita terkait