Kumpulan Doa Puasa Yang Bisa Anda Panjatkan Di Bulan Ramadhan

Kumpulan Doa Puasa Lengkap di Bulan Ramadan, dari Hari 1-30!

Walaupun bulan Ramadhan kali ini berbeda karena dunia sedang dilanda pandemi virus Corona. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan antusias umat Islam dalam menyambut Ramadhan kali ini. Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan ini penuh dengan keutamaan.

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan ini adalah bulan Al Quran atau syahrul Al Quran. Diturunkannya Al Quran pada bulan Ramadhan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

Dalam hal ini, Alloh Subhana wa ta’ala berfirman : “Bulan ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan AL Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan bathil)”. (QS. Al Bqarah : 185).

Selain itu, bulan di bulan Ramadhan ini Allah Subhana wa ta’ala akan mengabulkan segala doa-doa hamba-Nya. Nah, dalam kesempatan kali ini akan memberikan kumpulan doa puasasebagai berikut :

* Allahumma laa takhdzulni fihi lita’arrudhi ma’syiyatika wa laa tadhribni bisiyaathi naqimatika wa zahzihnii fihi min muujibaati sakhakatika bimantika wa ayaadiika yaa muntaha raghbatirraaghibin.

Artinya : “Ya Allah, janganlah Engkau hinakan aku di bulan ini karena perbuatan maksiatku terhadap-Mu, dan janganlah Engkau cambuk aku dengan cambuk balasan-Mu. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-Mu, dengan kelembutan dan ketinggian rahmat-Mu, wahai pegangan terakhir orang-orang yang berkeinginan.”

* Allahumma a’inni fihi ‘alaa syiyaamihi wa qiyaamihi wa jannibni fihi min hafawaatihi wa aatsaamihi warzuqni fihi dzikrika bidawaamihi bitaufiqika yaa haadiyal mudhillin.

Artinya : “Ya Allah, bantulah aku untuk berpuasa dan salat malam serta jauhkan aku dari kesia-kesiaan dan perbuatan dosa. Anugerahi aku di dalamnya dengan dawamnya ingat pada-Mu dengan taugik-Mu wahai yang menunjuki orang tersesat.”

* Allahummarzuqni fihi rahmatal aytaam wa it aamitha’am wa ifsyaais salaam wa suhbatil kiraam bithawlika yaa malja-al aamiin.

Artinya : “Ya Allah, anugerakanlah kepada kami rasa sayang terhadap anak-anak yatim dan suka memberik makan (orang miskin) serta menyebarkan kedamaian dan bergaul dengan orang-orang mulia dengan kemurahan-Mu wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.”

* Allahummaj’alli fihi nashiban min rahmatikal waasiah wahdini fihi libaraahinikas saathi’ah wa khudz binaashiyatil ilaa mardhaatikal jaami’ah bimahabbatika yaa amalal musytaaqin.

Artinya : “Ya Allah, anugerakanlah untukku sebagian dari rahmat-Mu yang luas dan berikanlah aku pertunjuk kepada ajaran-ajaran-Mu yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada keridhaan-Mu yang penuh dengan kecintaan-Mu, wahai harapan orang-orang yang merindu.”

* Allahummaj’alni fihi minal mutawakkilin ‘alaika waj’alni fihi minal faaizin ladaika waj’alni fihi minal muqarrabin ilaika biihsaanika yaa ghayata thaalibin.

Artinya : “Ya Allah, mohon jadikanlah aku diantara orang-orang yang bertawakal kepada-Mu, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang menang di sisi-Mu, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang dekat kepada-Mu, dengan kebaikan-Mu, wahai Tujuan orang-orang yang memohon.”

* Allahumma habbib ilayya fihil ihsan wa karrih fihil fusuuq wal ‘isyaan wa harrim ‘alayya fihis sakhatha wanniiraan bi’aunika yaa ghiyaatsal mustaghitsiin.

Artinya : “Ya Allah, mohon tanamkanlah ke dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik dan tanamkanlah ke dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Mohon jauhkanlah dariku kemurkaan-Mu dan api neaka dengan pertolongan-Mu, wahai penolong orang-orang yang meminta pertolongan.”

Itulah beberapa kumpulan doa-doa yang bisa anda panjatkan di bulan suci Ramadhan ini semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *