Sistem Ganjil Genap Akan Diterapkan di Jalur Puncak Bogor
kemacetan jalur puncak

Sistem Ganjil Genap Akan Diterapkan di Jalur Puncak Bogor

Grosir Blazer

Beritabogor.id, Bogor - Sistem ganjil genap yang diterapkan di Jakarta dinilai berhasil sedikit mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan. Untuk itu, polisi usulkan untuk diterapkannya sistem ganjil genap di jalur kawasan wisata Puncak, Bogor.

Adapun, penerapan ganjil genap di jalan Raya Puncak ini masih dalam tahap usulan. Rencananya akan dibahas lebih detail dengan pihak kepolisian, pemda dan pihak kementerian terkait.

"Tentunya dengan melibat perwakilan masyarakat dan aparatur setempat," ucap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, Minggu (30/9/2018).

Saat ini, jumlah kendaraan sudah tidak sebanding dengan kondisi jalan yang ada. Bahkan, tidak hanya akhir pekan, hampir setiap hari kawasan jalur Puncak macet.

Diterapkannya One Way pun belum maksimal mengurai kemacetan jalur Puncak.

"Sistem one way di jalur Puncak sudah diberlakukan selama 31 tahun. Selama itu masyarakat juga merasa terhambat adanya itu," lanjut Hasby. 

Dengan diterapkannya sistem ganjil genap, pasti akan menimbulkan pro kontra bagi masyarakat. Untuk itu, pihak terkait akan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan untuk menyediakan angkutan umum.

"Tentunya akan dipersiapkan, supaya masyarakat juga tetep nyaman. Harapan kita adalah ganjil genap ini mengurangi kemacetan di Puncak," terang Hasby.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi sangat mendukung atas rencana penerapan ganjil genap di jalur Puncak yang di usul oleh Polres Bogor dan Pemkab Bogor.

"Memang sudah saatnya sekarang ini pemerintah kota/kabupaten termasuk Bogor jangan menunggu lalu lintasnya crowded banget," ujar Budi. (dw/bb)

Berita terkait