7 Bahan Dapur Pengusir Tikus Secara Ampuh

5 Tips Mencegah Keberadaan Tikus di Dapur, Jaga Kebersihannya!

Kehadiran tikus di rumah tidak hanya akan mengganggu saja, tetapi juga bisa membawa banyak penyakit. Mulai dari leptospirosis, pes, hantavirus, sampai rat bite fever, dimana penyakit penyakit tersebut berisiko tinggi menyebabkan kematian. Oleh karena itu sangat penting untukmu mengetahui cara mengusir tikus yang ampuh supaya rumah terbebas dari hewan pengerat yang menjadi sumber penyakit penyakit tersebut.

Cara mengusir tikus dari rumah sangatlah mudah, kamu hanya perlu memanfaatkan bahan bahan dapur yang tersedia di rumah. Dengan hanya bermodalkan bahan bahan dapur ini saja, dijamin tikus di rumahmu akan langsung pergi dan tidak berani kembali lagi. Lalu bahan bahan dapur apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus?

Berikut dibawah ini 7 bahan dapur pengusir tikus secara ampuh, diantaranya yaitu :

  • Lada Hitam

Lada hitam atau merica bubuk mengeluarkan aroma pedas yang tidak disukai tikus. Oleh karena itu, kamu bisa menaburkan bahan dapur ini di tempat tempat dimana sering ditemukannya tikus. Cara ini dipercaya ampuh dapat membuat tikus kabur dari rumah.

  • Kopi

Tikus memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Dengan menaburkan bubuk kopi yang baunya kuat, maka akan membuat hewan pengerat tersebut tidak betah untuk berlama lama diam di seputaran bebabuan tersebut. Tetapi pastikan bahwa kamu hanya menaburkan bubuk kopi hitam saja, bukan kopi hitam dengan campuran gula.

  • Baking Soda

Karena tikus tidak bisa bersendawa atau mengeluarkan gas dari perutnya, maka kelemahannya itu bisa kamu manfaatkan dengan cara menaburkan baking soda atau mencampurnya pada umpan tikus. Saat tikus memakan umpan tersebut, maka perutnya akan kembung lalu mati karena menahan gas tersebut. 

  • Kantung Teh Bekas

Jika kamu hobi minum teh, maka kantung the bekas atau teh basi tersebut jangan langsung dibuang. Karena bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus secara ampuh. Caranya mudah, kamu tinggal meletakkan kantung teh tersebut ke sarang tikus, lalu hewan pengerat itu pun akan mati. Kantung teh mengandung peppermint yang bisa menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

  • Daun Salam

Daun salam memang dari dulu dikenal ampuh mampu mengusir hama. Jika kamu mau memanfaatkan bahan dapur ini untuk mengusir tikus, maka caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa lembar daun salam pada tempat yang dilewati tikus. Pastikan daun salamnya diganti setiap 2 atau 3 hari sekali.

  • Cengkeh

Tikus juga tidak suka dengan aroma cengkeh yang sangat kuat. Cara memanfaatkan cengkeh untuk mengusir tikus adalah dengan mengeringkan cengkehnya terlebih dahulu. Kemudian cengkeh yang telah kering dibungkus dengan kain kasa. Lalu letakkan pada tempat yang sering didatangi tikus.

  • Cuka

Cuka juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus secara ampuh. Bahan dapur ini sangat cocok digunakan untuk mengusir tikus jenis curut. Cara mudah mengusir tikus dengan cuka ada dua yaitu pertama dengan mencampurkan cuka pada air pel, lalu pel seluruh lantai rumah. Cara kedua adalah dengan menuangkan cuka pada bola bola kapas, lalu meletakannya pada area gelap yang seringkali menjadi incaran tikus.

Selain itu masih ada bahan dapur lainnya yang dipercaya ampuh mampu membuat tikus kabur dari rumah seperti bawang putih, kulit telur, dan garam. Jadi untuk mengusir tikus dari rumah tidak perlu pake racun, karena bahan tersebut berbahaya untuk anggota keluarga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *