Beragam Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Bawang Merah - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan bawang merah? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan bumbu masakan ini. Ya sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa bawang merah kerap dijadikan bahan bumbu masakan.

Dengan menggunakan bawang merah, maka sebuah masakan akan tampak lebih sedap, harum, dan gurih. Namun tahukah kamu? ternyata bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat bawang merah, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada bawang merah cukup ampuh dalam mencegah penggumpalan darah serta mengurangi penumpukan lemak (kolesterol jahat) di dalam pembuluh darah.

Bukan hanya itu, terdapat pula kandungan allicin yang merupakan jenis senyawa sulfur organik untuk melebarkan pembuluh darah. Perpaduan kandungan tersebutlah yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, memelihara kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain memelihara kesehatan jantung, mengonsumsi bawang merah juga diklaim dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh lho. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, mengonsumsi bawang merah akan meningkatkan hormon insulin dalam tubuh.

Itu sebabnya, mengapa bawang merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe 2.

3. Dapat Menangkal Serangan Radikal Bebas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa bawang merah kaya akan kandungan antioksidan yang bertugas untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan begitu, maka kita akan terhindar dari berbagai jenis penyakit kronis seperti kanker.

Masih belum habis, kandungan antioksidan pada bawang merah juga diyakini berpotensi untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif seperti alzheimer dan penyakit parkinson.

4. Memelihara Fungsi Ginjal

Seperti organ tubuh lainnya, yang mana organ ginjal juga memiliki peranan penting. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang merah dapat menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin di dalam tubuh, sehingga kondisi kesehatan ginjal akan senantiasa terjaga.

Akan tetapi, penelitian tersebut masih sebatas uji coba di laboratorium dan belum terbukti secara pasti mengenai efektivitas dari bawang merah terhadap fungsi ginjal.

5. Dapat Meredakan Reaksi Alergi

Manfaat berikutnya dari bawang merah yang akan dibahas, yakni dapat meredakan reaksi alergi. Ya ketika seseorang mengalami reaksi alergi, maka tubuhnya akan melepaskan zat histamin yang dapat menimbulkan berbagai gejala alergi, seperti mata berair hingga rasa gatal pada kulit dan hidung.

Bawang merah memiliki kandungan antioksidan quercetin yang berperan sebagai antihistamin, sehingga dapat mengurangi gejala dari reaksi alergi tersebut. Namun sayang, efektivitas serta tingkat keamanan bawang merah dalam meredakan alergi masih membutuhkan penelitian yang lebih jauh lagi.

6. Manfaat Lain Dari bawang Merah

Adapun mengenai beragam manfaat lainnya dari mengonsumsi bawang merah, seperti dapat meredakan gejala flu, batuk, melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, hingga menjaga berat badan ideal.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya bawang merah jangan diolah dengan cara di goreng. Mengapa demikian? Pasalnya, bawang merah yang diolah dengan cara di goreng akan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya lho.

Kamu dapat mengonsumsi bawang merah dengan cara di olah menjadi beragam jenis masakan, atau sebagai taburan untuk sup dan salad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *