Tanaman Herbal untuk Dapatkan Kadar Gula Darah Normal

Diabetes merupakan suatu penyakit menakutkan karena menjadi ibu dari segala penyakit. Banyak penyakit berat yang muncul akibat diabetes seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, dan bahkan kerusakan saraf. Tanda awal dari diabetes adalah kadar gula darah yang jauh dari normal. Diabetes juga tidak pandang bulu dan dapat menyerang siapa saja, dari tua hingga muda, pria maupun wanita. Maka dari itu, banyak orang berbondong-bondong berusaha mendapatkan kadar gula darah normal dengan berbagai cara.

Pengobatan diabetes terantung jenis diabetes yang dialami oleh pasien. Ada dua tipe diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit genetik yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insulin sehingga perlu diberikan insulin dari luar tubuh. Sedangan diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang timbul akibat pola hidup yang kurang baik dan menyebabkan insulin tidak dapat bekerja maksimal. Insulin sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh tubuh yang bekerja untuk mengubah gula darah menjadi energi. Oleh karena itu, pada pasien dengan diabetes umumnya sering merasa lemas. Insulin sendiri juga menjaga tubuh untuk mendapatkan kadar gula darah normal.

Sejak zaman dahulu, ramuan herbal yang berasal dari tanaman dipercaya dapat menjaga kadar gula darah normal. Tentunya menjadi menarik, terutama karena obat herbal memiliki efek samping yang lebih sedikit dibanding obat konvensional, walaupun kerjanya lebih lama. Untungnya, tanaman herbal yang berkhasiat untuk menjaga kadar gula darah normal.

Berikut ini adalah beberapa tanaman herbal yang dapat menjaga kadar gula darah normal:

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang dapat menurunkan kadar gula darah karena dapat merangsang tubuh untuk memproduksi insulin yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah normal. Selain itu, bawang putih juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah yang biasanya beriringan dengan diabetes.

  • Kayu Manis

Bumbu dapur yang satu ini juga dapat menjaga kadar gula darah normal. Kayu manis memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kerja insulin dalam mengubah gula darah menjadi energi. Kayu manis juga memiliki efek antioksidan yang dapat mencegah pembentukan radikal bebas.

  • Kelabat

Kelabat sudah sejak lama digunakan untuk menjaga kadar gula darah normal. Tanaman yang berasal dari India ini dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kerja insulin karena kaya akan asam amino.

  • Mengkudu

Mengkudu sudah dikenal khususnya bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga kadar gula darah normal. Walaupun aroma dari buah ini kurang sedap, tetapi efek antidiabetes tanaman ini sudah tidak perlu diragukan karena mengandung banyak vitamin, serat alami, serta antioksidan.

  • Daun Mangga

Selain buahnya yang enak, ternyata daunnya juga bermanfaat bagi pasien diabetes. Pada daun manga, ditemukan zat tanin yang disebut juga antosianidin yang dapat mengurangi gejala diabetes ringan.

  • Lidah Buaya

Selain bermanfaat bagi pertumbuhan rambut, lidah buaya ternyata juga dapat membantu menjaga kadar gula darah normal. Getah kering dan gel dari bagian dalam daun tanaman ini banyak digunakan untuk mengurangi kadar gula darah.

  • Daun Sambiloto

Walaupun memiliki rasa pahit, ternyata tanaman ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi sehingga dapat membantu merangsang pembentukan insulin di dalam tubuh.

Perlu diingat bahwa penggunaan tanaman herbal untuk menurunkan kadar gula darah bukan suatu proses yang instan sehingga dibutuhkan waktu dan penggunaan yang rutin agar didapat kadar gula darah normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *